Kamis, 11 September 2014

Tips Membeli Laptop Second dan Standard Pengecekkannya


Banyak diantara kita mengandalkan Merk/brand yang terkenal ataupun spesifikasi yang tinggi pada saat hendak membeli notebook second, padahal merek terkenalpun tidak luput dari kerusakan dan kekurangan yang diakibatkan pemakaian terdahulu.
Lain halnya dengan membeli Laptop baru, yang mendapatkan jaminan garansi waktu yang relatif lama memberikan kesempatan kita untuk mengklaim kerusakan (Factory Recondition).

tips membeli laptop second
Biasanya notebook second hanya mendapatkan jaminan (garansi tes) hanya 1 minggu sampai 1 bulan saja,.alangkah baiknya anda melakukan analisa kerusakan sederhana untuk menghindari adanya kerusakan yang baru anda ketahui setelah masa jaminan habis.

Berikut tahapan analisa pengecekkan sebelum membeli :


Adaptor/Charger
Sebelum menghidupkan laptop, mintalah pada penjualnya untuk memasang ac adapter pada laptop. Perhatikan indicator battery berwarna orange (tidak berkedip-kedip) tanda battery menerima kontribusi arus listrik dan melakukan pengisian dengan baik. Apabila indikator lampu berkedip-kedip besar kemungkinan battery tdk berfungsi dengan baik. 



Bios
Hidupkan laptop, masuklah ke bios setup dengan menekan tombol F1,F2 (untuk kebanyakan laptop, F10 untuk kebanyakan merk compaq dan tombol 'Del' untuk laptop laptop tertentu (biasanya pada saat booting ada petunjuk tombol mana yang ditekan untuk masuk ke bios).
Mintalah password pada penjual seandainya bios dipassword (akan menyulitkan bagi anda untuk melakukan settingan apabila anda tidak bisa acces ke bios setup). Periksalah notebook serial number yang ada pada bios informasi sesuai dengan serial yang ada di bagian bawah laptop untuk memastikan motherboard yang terpasang sama dengan modelnya. Sebagian bios laptop menginformasikan spesifikasi laptop untuk membantu anda melihat apakah spesifikasi yang anda beli sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 

Driver Windows
Setelah windows terbuka bukalah control panel, periksa device manager untuk melihat apakah semua driver sudah terinstal dengan baik.  Apabila ada salah satu device yang masih ada 'tanda seru' berwarna kuning menandakan device tersebut belum berfungsi/terinstal. Mintalah driver software sesuai dengan notebooknya dan backup cd/dvd kepada penjual untuk melengkapinya, sehingga memudahkan anda untuk melakukan penginstalan ulang apabila terjadi kerusakan pada software anda.

membeli laptop second dengan kualitas yang masih baik
Device/Periphehal
Lakukan pengetesan pada setiap device : keyboard (dicoba setiap tombolnya berfungsi atau tidak), Dvd/cd optical, wifi, bluethoot, usb port, printer port, camera, sound. Cobalah tahapan ini beberapa kali.

LCD/Layar
Perhatikan resolusi pada Lcd dengan mengubah dari resolusi rendah ke resolusi tinggi dan kembalikan seperti semula. Rubahlah tampilan wallpaper menjadi none dan berwarna hitam. Pastikan tidak ada titik putih (dot pixel) pada lcd. Set standbay mode kemudian cek respon layar ketika kembali ke window. Apabila respon terlalu lambat kemungkinan inverter (hardware penunjang lampu lcd) sudah mulai lemah. Cara yang lain untuk memeriksa kondisi inverter, raba di bagian frame bawah tengah lcd (tempat inverter berada) apakah terasa panas atau tidak, jikalau panas dipastikan inverter sdh mulai bermasalah. Tariklah flip lcd turun naik 45 derajat untuk memastikan conector lcd cable dan engsel berfungsi dengan baik. Apabila engsel keras atau berbunyi berarti engsel mulai bermasalah dan apabila tampilan bergetar berarti cable atau conector cable pun bermasalah.

Batterai
Tandai peningkatan indicator charger naiknya bertahap dan terus meningkat. Isilah sampai 100% untuk memastikan batttery masih mampu menampung power sampai penuh. Kemudian cabut ac adapter dan restart laptop., dan pastikan pengurangan battery setelah restart tidak lebih dari 5%. Cobalah tahap ini beberapa kali dan apabila indicator battery langsung turun drastis ini menandakan battery tersebut sudah drop atau ciri-ciri battery mau drop.

Aplikasi
Bukalah semua aplikasi yang tersedia pastikan semuanya berfungsi dengan baik

Temperatur
Pastikan suhu/temprature laptop tetap hangat, tidak terlalu panas untuk menandakan cooling sytem berjalan dengan baik. Kebanyakan permasalahan laptop terjadi akibat sirkulasi udara tidak lancar

Original/Servisan
Untuk menambah keyakinan bahwa notebook/laptop yang akan dibeli belum pernah di repaire atau di service sebelumnya dapat di tandai dengan rusaknya segel pada bagian bawah laptop.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar